3 Manfaat Selama Bergulat Di Dunia Blogging


Menulis adalah sutau cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa-suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang.” –Seno Gumira Ajidarma

Menilik dari kutipan di atas blog menjadi salah satu wadah untuk menuangkan segala tulisan dengan tujuannya masing-masing. Dengan gaya dan kreativitasnya masing-masing. Dengan keindahaan dan keunikannya masing-masing. Dari tulisan-tulisan tersebut bisa menjadi ajang untuk berbagi informasi, berbagi ilmu, berbagi pundi-pundi uang, curhat, dan lainnya. Seperti aku yang awalnya ngeblog sekedar untuk menuangkan setiap destinasy dan tulisan-tulisan fiksi yang gak sastra banget, sekarang malah nambah kategori baru.

Dan semakin menyalami dunia blog, semakin banyak hal yang bisa diraih, misalnya money. Banyak blogger yang 100% meraih uang dari tulisan-tulisannya di blog, bisa lewat job review dan lainnya. Tak mau kalah ibu rumah tangga juga banyak yang mendapatkan penghasilan tambahan selain dari suami. Nah, aku gak munafik. Untuk urusan uang walau punya penghasilan sendiri ditambah dari suami, tetap saja aku mau tambahan lainnya. Walau praktiknya gak mudah, tapi gak mau menyerah. Perlahan saja.

Terpenting si manfaat yang didapat dari blogging. Gak beda jauh dengan Mba Firsty Ukhti Molyndi dalam tulisannya tentang Karier Blogger Bagi Perempuan? Ini 5 Manfaatnya. Yaitu, Sarana Curhat, Sarana Berbagi, Sarana Menambah Pengetahuan, Sarana Silaturahmi, dan Sarana Menambah Pundi-Pundi Uang. Tiga hal di bawah ini yang aku dapatkan selama ngeblog.

  1. Menambah banyak ilmu

Ilmu itu tidak hanya di dapat dengan bersekolah saja. Menurutku sejatinya ilmu adalah yang didapat dari masyarakat sendiri. Begitupun dari blogging. Banyak hal yang aku dapat. Jadi tahu bahwa the power of iklan atau sponsor atau apalah itu lebih ngena dihati dari review’an para blogger dibandingkan iklan di tv yang digawangi oleh para artis papan atas. Ya, aku lebih percaya dengan blogger. Bahkan tak tanggung kadang aku nanya barang yang cocok untuk ini, itu, apa. Lainnya yaitu bahwa untuk tulisan, foto, tidak boleh asal comot karena bisa saja itu memiliki hak cipta dan malah jadi plagiat. Dan masih banyak segudang ilmu yang didapat dari ngeblog.

  1. Memperluas Jaringan Relasi

Semenjak bekerja kehidupanku jadi terbatas. Maksudnya, aku hanya bertemu dengan orang-orang yang mengerti tentang moulding dan purchasing. Alhasil aku merindukan kehidupan zaman SMA dan Kuliah dulu. Bertemu banyak orang dengan kepala yang berbeda. Ketemu yang sehobi, setujuan dan sehati. Bersyukurlah aku, dengan berkecimpung di dunia blogging, bukannya membatasi, melainkan menambah banyak kenal. Emang pada kenal sama kamu, Rin? Duh, intinya si ada orang yang bisa diajak diskusi, diminta tolong dan mungkin ada yang ngajak kerjasama? *ngarep*

  1. Termotivasi : Lampaui Batas

Hidup itu tidak hanya berjalan pada satu waktu. Pada satu batas. Pada satu mimpi. Dan aku adalah orang yang termotivasi dari para blogger hebat di luar sana. Bahwa aku bisa melampaui batas “kekurangan” atau batas yang tidak pernah berani aku coba untuk melakukan sebaliknya. Jika mereka bisa, kenapa aku tidak?

Contoh gampangnya adalah mengatur waktu. Gak mudah memang membagi waktu antara ngurus Jasmine, kerja, dan ngeblog. Kalau berfikirnya gak mudah terus berarti aku kalah. Gak bisa melewati “kekurangan” itu. Karenanya jalani saja. Aku ingin membuktikan bahwa batasan itu tidak ada. Bahwa setiap orang bisa melakukan hal gila dalam hidupnya.

3 manfaat di atas kurang lebih membuatku gak pernah bosan untuk terus bergelut di dunia blogging. Mudah-mudahan malah semakin eksis. Amin.

__________________
Artikel ini sebagai tanggapan untuk post trigger Karier Blogger Bagi Perempuan? Ini 5 Manfaatnya oleh Mba Firsty Ukhti Molyndi  #KEBBloggingCollab Kelompok Dian Sastro



11 komentar:

  1. Soal melampaui batas itu mbak, aku tu suka kalau ketemu blogger lain ternyata mereka tu hebat2 ya, masing2 punya cerita kehidupan sendiri2 yg kdng saya suka takjub. Si A begini, Si B begitu. Saya ambil yg positif2 aja utk ditiru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, dan mereka itu memang memulainya dari nol. Gak langsung gitu aja jadi sukses. Tetap ada proses yang harus dilalui.

      Hapus
  2. Bener mba ngeblog itu jdi nambah ilmu. Soalnya klo mu nulis aq suka cari banyak bahan dulu utk tulisan 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya bahan tulisan hampir semua aku termotivasi dari postingan blogger lain deh mba. Akhir-akhir mentok munculin ide sendiri.

      Hapus
  3. kerasa banget mba, dari ngeblog emang banyak banget manfaat yang dirasain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, walau blog ini udah lama tapi benar-benat tahu dari blog bisa ini - itu pas tahun 2015.

      Hapus
  4. Dengan menjadi blogger kita belajar hal2 baru. :)
    btw, namaku salah diketik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba.
      Eh, maaf. Nanti aku edit mba.

      Hapus
  5. Bahagia jika punya hobi yang ditekuni, hobi saya menulis. Dan coba untuk konsisten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lagi menekuni hobi supaya lebih bermanfaat mba. Insyaallah pengen konsisten juga.

      Hapus
  6. Dengan ngeblog jadi tahu cerita-cerita unik dan seru yg sebelumnya belum pernah kita tahu :)

    Salam kenal!

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts