Berkreasi dengan Quilling Paper


Untuk crafting kali ini aku mau cerita soal quilling. Ada yang tahu?

Aku sendiri baru tahu tahun ini saat lagi ngubek youtube belajar origamai 3d. Muncul deh tuh seni quilling yang unik dan menarik. Biasalah jika berhubungan dengan kerajinan tangan jiwa penasaranku langsung menggebu *eaaa*. Btw, mengenai origami 3d silahkan baca postingannya di sini.

Yang pertama dicari tentu dong bahan-bahannya. Waktu merhatiin alat dan bahannya kok kaya pernah lihat di mana gitu ya? Ya, ya, benar saja aku pernah lihat di toko buku. Berhubung untuk varian warna kertasnya sedikit aku coba cari di e-commerce. Yes, di Indonesia ada yang jual ternyata. Maklum si tutorial yang aku dapat di youtube kebanyakan orang luar. So, agak was-was gimana gitu ya, ada nggaknya di Indonesia.  

Mengenai sejarahnya nih, usut punya usut quilling paper sudah ada sejak abad ke-17 di Eropa. Kalau di sana terkenal dengan sebutan paper filigree atau roll work. Hasil dari quilling paper bisa untuk ornament dinding, penghias meja, aksesoris, hiasan undangan dan lain-lain.

Untuk cara pembuatannya sendiri ada beberapa cara, tergantung pola dan jenis gambar yang akan dibuat. Untuk pola dasarnya ada beberapa jenis, yaitu Tight Coil (lingkaran), Closed Coil (menjorok ke dalam), Tear Drop, Petal, Marquise (menyerupai mata), Shaped Marquise (bentuk daun. Masih ada beberapa jenis lagi untuk daun), Half moon (crescent), Triangle, Tulip, Bunny ear (shield), Arrow (dart), Star, Square, Holly leaf, Fringed flower, dan Open Heart.



Dengan mempelajari dasar di atas akan mudah saat membuat quilling sesuai desain yang diinginkan, bahkan yang rumit sekaligus. Sedangkan, untuk alat dan bahan tempur membuat paper quilling, berikut ini :

  1. Paper quilling (ukuran lebar 1 cm, 5 cm, 7 cm)
  2. Jarum quilling
  3. Gunting
  4. Lem kertas
  5. Pinset  
  6. Quilling mate (untuk mempermudah membuat pola dengan ukuran yang sama)


Berikut ini beberapa hasil paper quilling yang sudah dibuat.


Quilling Dance



Quilling Girl


Quilling Owl

Kalau yang satu ini, aku nyoba bikin quilling dari gambar punyanya Mba Carolina Ratri. 



Tertarik pengen buat juga? Boleh cek cara pembuatan detailnya di youtube. Pengennya si bikin tutorial sendiri. Mudah-mudahan deh ya selanjutnya bisa terwujud. 


3 komentar:

  1. Aaaaaak, kereeen. Aku pernah nyiba bikin quilling paper art begini. Tapi end up dibuang. nggak telaten bikinnya. Hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku malah tertarik banget, makanya ini lagi gelutin bener2. 😉 Enak juga kali ya kalau bisa dijadiin bisnis.... hehee

      Hapus
  2. ih keren yaa, kreatif
    bs diperkenalkan ke bocah2 nih...

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts