Youkoso !

TOMO JIKAN

Adventure, Art,Story

[CRAFTING] ORIGAMI BONEKA HELLO KITTY 3D

By 21.00 , ,


Ada yang suka dengan Hello Kitty kah? 

Walau sekarang sudah banyak karakter kartun yang populer dikalangan masyarakat, Hello Kitty yang sudah rilis pada tahun 1974 masih populer hingga sekarang. Berbagai macam produk dengan karkater Hello Kitty beredar banyak di pasaran. Walau bukan kolektor, saya suka dengan kucing satu ini. So, selama libur tahun baru kemarin saya sukses menyelesaikan merangkai kertas-kertas kecil menjadi boneka Hello Kitty 3D.

Alkisah, saya berencana membuat boneka kelinci dari benang yang digulung-gulung. Tapi, saya kepikiran terus sama kertas origami yang tertumpuk di sebelah timbunan buku. Iseng deh buka youtube dan nemu tutorial membuat origami Hello Kitty 3D. Tanpa pikir panjang langsung saya tongkrongin sampai menit terakhir. Cus, pulang kantor beli bahan-bahan yang dibutuhkan. Yuhuu… pada akhirnya kertas origami yang ada tidak terpakai.

Seperti perkiraan saya dalam proses pembuatannya bakalan membutuhkan waktu yang sangat-sangat lama. Dari motongin kertas hingga merangkainya saya membutuhkan waktu 4 hari. Itu tuh dibantuin adik saya, ditambah drama bongkar pasang karena bentuknya malah mirip burung hantu. Percobaan pertama memang gak mudah nih.

Dan ini dia hasil dari 4 hari melipat kertas…………..




Belum sempurna ya? Saya berencana membuat Hello Kitty versi lainnya. Barangkali ada yang tertarik membuatnya juga, siapin aja nih bahan-bahannya.

Yang dibutuhkan
  • Kertas A4 (80/90gr) warna Putih dan Biru atau sesuai selera. Saran si pakai kertas SIDU dari ketebalannya pas.
  • Pisau Kater
  • Gunting
  • Kertas buat telinga, mata dan pita. Bisa pakai kertas origami atau kain flanel.
  • Lem kertas / lem tembak. Jika ingin lebih kuat tempelannya pakai lem tembak.

Cara pembuatan

1. Potong kertas A4 menjadi 16 bagian



2. Bentuk kertas yang sudah dipotong seperti gambar di bawah ini :





Hasil lipatan


3. Bentuk badan terlebih dahulu



4. Bentuk Kepala. (Langsung di atas badan)



5. Jika sudah selesai tinggal membuat bagian telinga, mata dan hidung.

Gimana? Mudah kan. Kalau dasarnya sudah paham dan berhasil buat  boneka apa saja jadi mudah loh. Lumayan buat ngisi waktu luang atau ngajak si kecil bereksperimen. Kuncinya si cuma satu "sabar". Karena membuat kerajinan tangan satu ini butuh waktu yang santai, ketelitian dan ketekunan.

Salam Kreatifitas.
_______________________

Untuk tutorial lengkapnya cek aja di youtube dengan kata kunci "origami 3d hello kitty."




You Might Also Like

3 komentar

  1. wih keren sekali, origami itu perlu kesabaran agar lipatannya rapih

    BalasHapus
  2. Wah, kece bener origaminya. Swaktu duduk di bangku SD saya pernah diajari membuat origami serupa, tapi dari tissue makan dan bentuknya nanas. Waduh, waktu itu saya pengen nangis aja rasanya. nggak sbar dan nggak telaten kalo disuruh nglipet banyak-banyak begitu. Hihihihihi...... Salut sama orang-orang yang telaten bikin beginian.

    BalasHapus
  3. ih lucunyaaa,,, tp kok aku lihatnya dia Donald Bebek yaaa,, mataku siwer kayaknya

    BalasHapus