Rahasia Sukses Menjadi Agen Travel Wisata Halal - Resensi Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal


Apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata bisnis?

Kalau aku si yang langsung terlintas itu modal. Modal di sini bukan sekedar dilihat dari segi materi, melainkan produk yang akan dijual, keyakinan, waktu, kemampuan, manajemen pengelolaan dan lainnya. Beberapa faktor tersebut membuatku belum berani untuk melangkah menjadi seorang pebisnis. Baru keinginan belaka waktu kuliah dulu saat ada mata kuliah kewirausahaan dan sering gabung dalam beberapa expo jualin produk orang lain. Maklumlah saat itu aku hanya butuh uang tambahan untuk jajan kuliah. Memilih jalan hidup kedepannya menjadi pebisnis terlalu banyak yang dipertimbangkan sehingga seperti yang aku sebutkan tadi hanya sekedar ada keinginan belaka tanpa berani memulai.

Faktor yang paling besar si karena materi juga. Belum siap aja mengalami kerugian dengan usaha yang tidak berjalan lancar. Hehe… pesimis dulu nih. Tapi membaca buku bisnis tentang bisnis wisata halal ini hatiku tercubit, bahwa memulai bisnis itu jangan terlalu banyak yang ditakutkan. Yakini saja apakah bisnis yang akan dijalani ini bagus dipasaran atau tidak? Kalau bisa si mencari bisnis yang unik dan memiliki peluang besar. Seperti bisnis wisata halal yang dibahas dalam buku karya Cheriatna, praktisi bisnis wisata halal yang juga pemilik Cheria Holiday.

Apa itu bisnis wisata halal?

Bisnis wisata halal ini ternyata bukan sekedar umroh saja loh. Termasuk di dalamnya ada juga bisnis travel-nya. Apa si bisnis travel wisata halal dan apa kiat-kiatnya jika kita ingin terjun ke dunia bisnis tersebut? Buku ini dengan penjelasan yang singkat dan ringan akan memberikan jawabannya. Dari peluang kehadiran bisnis travel wisata halal yang ternyata dicari banyak orang, baik muslim maupun non muslim. Beberapa antusiasme negara wisata yang mayoritasnya bukan muslim, menyediakan tempat dan makanan halal bagi muslim. Terpenting adalah hal apa yang harus disiapkan untuk memulai bisnis wisata halal, seperti :

  1. Kuatkan Azzam
Tekad yang kuat. Kita kesampingkan dulu nih soal pemikiran bahwa bisnis tak akan lancar tanpa uang. Karena, walaupun kita punya modal ratusan juta tapi tekadnya belum matang, yakinkah akan berhasil?

“Anda bisa memulai bisnis sambil belajar bisnis.” Hlm. 26

Penulis juga menyebutkan, bahwa hal tersebut lebih baik kita mempersiapkannya dengan matang tapi tidak berani untuk melakukannya. Aku si setuju, zaman sekarang itu yang penting kita berani memulai.

  1. Pengalaman vs Product Knowledge
Ini nih, kita udah menguatkan tekad dan keyakinan, saatnya untuk menentukan jalan bisnis apa yang mau diambil. Misalkan kita bertekad untuk menjalankan bisnis travel wisata halal, nah saat menjalankan bisnisnya apakah kita hanya menjual paket tour yang tempat wisatanya sudah kita kunjungi atau kita cukup mengetahui dan mempelajari rute paket tour tersebut tanpa pengalaman sebelumnya pernah berkunjung ke sana.

  1. Biaya Operasional
Modal itu tetap penting untuk segala jenis bisnis apapun. Yang membedakan besar kecilnya saja.

  1. Pendapatan yang Diinginkan
Besar kecilnya pendapatan itu dipengaruhi seberapa besar usaha yang dilakukan.

Keempat poin di atas bisa menjadi bahan pertimbangan jika ingin memulai bisnis wisata halal. Dalam buku ini juga dibahas bagaimana memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis kita. Seperti memanfaatkan facebook, blog dan lainnya. Lihat saja, banyak kok para pebisnis yang berhasil hanya dengan memanfaatkan media sosial.

Masih banyak juga tips-tips menjalankan bisnis wisata halal yang dibahas, seperti :

  1. Menemukan keunikan bisnis wisata halal
  2. Komponen pendukung bisnis wisata halal
  3. Konsorsium Market
  4. Handling Komplain Pelanggan
Buku ini menurut saya buku bisnis yang sangat bagus dengan pembahasannya yang mendetail. Ditambah grafik peningkatan turis asing yang berkunjung ke negara-negara islam dan masyarakat Indonesia sendiri yang gak kalah meningkatnya berwisata ke luar negeri. Melihat dari segi pasar juga bisnis wisata halal ini akan menguntungkan ditengah ramainya MEA. Bisa dikatakan ini salah satu alternatif memanfaatkan MEA.

Menariknya, penulis juga memasukan info tentang program magang di Cheria Holiday. Jadi, yang memang tertarik tapi masih bingung memulainya, boleh nih ikut program magangnya. Bisa juga loh jadi freelance marketing di Cheria Holiday.

Diakhir buku ada contoh flayer paket tour yang nantinya untuk share di sosial media. Dan daftar wisata yang menjadi andalan para muslim.


Rate 4* of 5* untuk Buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal  by Cheriatna

__________________________
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba resensi buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal


4 komentar:

  1. Semakin banyak bisnis seperti ini makin memudahkan traveler terutama yg muslim utk traveling ke seluruh dunia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, muslim jadi enak kalau traveling ke luar negeri, gak bingung cari tempat buat shalat maupun makanan halal.

      Hapus
  2. bagus nih ulasannya... semakin kesini emang semakin gampang untuk traveling..


    www.kananta.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.
      Apalagi pake jasa agent travel lebih mudah.

      Hapus

Recent

recentposts

Random

randomposts