[Hobby] Surealis Art Carolina Ratri – Rekreasi Otak Lewat Gambar #Part2




Kalau sebelumnya ngebahas anime dan realistic art. Kali ini ada tamu spesial yang akan berbagi cerita tentang gambar surreal. Hayo siapa coba? Yuhuuu.. jeng… jeng…. *sambil metik gitar* ini dia Mba Carolina Ratri. Udah pada kenal dong yang sama blogger, penulis dan keahlian lainnya. Aku salah satu penggemar Mba Carra – hehe. Siapa si yang gak jatuh cinta sama perempuan kelahiran Jogja yang multi talenta ini. Karya – karya Mba Carra selalu dinantikan penggemarnya *eeaa* 


Dusk Laddy @R3dCarra

 
Aku sendiri sangat tertarik dengan gambar – gambar Mba Carra yang selalu bercerita. Selain kesannya hidup selalu ada pesan yang disampaikan. Hasil karya Mba kece satu ini lebih ke surreal art. Penasaran asal muasalnya kan? Yukk… simak sesi wawancara di bawah ini :  

Ceritain dong Mba asal muasal bikin gambar ilustrasi?

Hobi aja sih. Gara-gara berteman sama seseorang yang selalu share gambar ilustrasinya di salah satu grup WA. Aku terus CLBK sama pensil 2B-ku. Dulu terakhir pegang pensil 2B pas jadi product designer di salah satu kantor trading company barang-barang handicraft tahun 2005 :D Terus baru pegang pensil 2B lagi tahun 2014-an. Hihihi. Lama ya. Jadi kaku lagi lho.

Lingkungan memang paling bisa memotivasi kita. Tidak menutup hati, saya juga sering seperti itu saat karya seseorang membuat aku terinspirasi untuk melakukannya.


Tree of Life @R3dCarra



Bagi Mba Carra sendiri menggambar itu lebih ke hobi atau sekedar iseng ngisi waktu luang?

Hobi. Nggak cuma iseng sih. Setiap ada kesempatan aku akan nggambar. Bagiku itu bisa jadi selingan di antara kegiatan nulisku. Mengistirahatkan otak, karena pas nggambar, otak kayaknya rileks aja cuma ngegambarin yang dibayangkan aja kan? Semacam nggak mikir gitu. Jadi rileks deh. Pusingnya hilang.

Iyah, si. Aku sendiri nggambar malah gak bikin pusing walau gak kelar-kelar. 

Biasanya kalau menggambar terinspirasi dari apa, Mba? atau idenya muncul begitu saja?

Kadang muncul gitu aja. Kadang dapat karena habis baca cerpen atau flashfiction atau fiksimini. Kadang karena lihat sketsa lain, jadi pengin bikin versiku sendiri. Banyak.



Lets Play @R3dCarra


Kebanyakan gambar Mba Carra tak pernah lepas dari sosok sang mata, ceritain dong Mba, apakah ada makna tertentu?

Iya ya. Aku terobsesi sama bola mata emang :)))) entahlah. Buatku mata itu misterius banget, tapi sekaligus jujur. Orang nggak akan bisa boong kalau ditatap tepat di mata. Tapi mata juga bisa bikin kita tersesat *tsah* Ya gitu deh. Pas digambar, ternyata mata itu juga "berbicara" lebih banyak ketimbang anggota tubuh yang lain. Kebetulan aku sukanya sketsa-sketsa surreal. Jadi ya, mata paling pas disurrealkan.

Mata memang mengerikan. Aku termasuk tipe orang yang paling gak bisa menatap mata lawan bicara. Suka malu duluan. Apalagi kalau lihat mata orang yang lagi marah, widih langsung melempem nih mental. *malah curhat*

Lucid Dream @R3dCarra

Ada tips untuk bisa menggambar seperti Mba Carra? Gambarnya kan hidup tuh Mba, pengen banget deh bisa gambar kaya gitu.

Latihan terus! Dulu aku dilarang nggambar, padahal namanya anak-anak kan paling suka nggambar ya. Tapi aku nggak boleh, gambarku diejek. Jadi aku nggambarnya nggak bisa berkembang. Pas udah kuliah, masuk arsitektur, aku belajar. Lebih ke sini, aku belajar lebih giat lagi. Jadi sebenarnya, aku awalnya nggak bisa nggambar lho. Tapi karena latihan terus, ya jadinya bisa lumayanlah. Minimal gini, aku sih sebenarnya nggak mikirin apa pendapat orang kalau soal nggambar menggambar. Aku mengikuti sukanya aku aja. Senengnya aku gimana. Dari situ malah aku berkembang karena aku belajar sendiri dari gambar-gambar yang sudah-sudah, kurangnya apa aku perbaiki.


Jadi, nggambar itu bisa dilatih kok. Aku dulu nggak bisa nggambar. :) Latihan terus!

Baik Mba saya akan coba latihan dan latihan karena jujur saya ini gak bisa gambar, tapi seneng aja kalau bisa menuangkan apa yang ada dipikiran kedalam sebuah gambar. Ada rasa bangga tersendiri.  

Aku suka dengan pernyataan Mba Carra di atas kalau nggambar itu jangan terbebani dengan apa kata orang. Memang harus sesuka hati kita. Saat hasilnya ada yang ngeritik, ya anggap saja bahan pembelajaran. Menurutku semua hal juga seperti itu. Apapun hobi kita. Apapun yang kita kerjakan jangan dulu menghawatirkan apa kata orang. 


Eye Rains @R3dCarra


Gimana? Pada jatuh cinta dong sama gambarnya Mba Carra. Kalau kamu sendiri suka menggambar apa? Mba Carra hanya dengan pensil 2B-nya bisa menghasilkan karya yang memukau loh. 

Yukk... kita manfaatkan pensil 2B untuk coret-coret barangkali menjadikan karya yang dapat dinikmati semua orang.

Untuk kepoin gambar-gambar Mba Carra lainnya silahkan klik di sini
_______________________
Salam Kreativitas!

6 komentar:

  1. Salam kenal mba carra... keren2 bngt gambarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Mba. Gambar punya Mba Carra emang keren2. Gbarnya itu hidup.

      Hapus
  2. Kenapa setelah dipasang di sini, sketsa akikah tampak glowing? X)))))

    Makasih ya, Rin, mau repot-repot nanyain aku. Hahaha. Padahal akhir-akhir ini mah, lagi nggak bisa nyeketsa apa pun. Huhuhu.
    Tapi kamu sudah mengembalikan semangatku lagi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba Carra, aku juga termotivasi lagi untuk lanjut belajar ngegambar.
      Dan mau nyoba ngandelin pensil doang. 😘

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iyah, Mba.
      Biasanya Mba Carra suka bikin flash fictionnya juga kalau update gambarnya di IG.

      Hapus

Recent

recentposts

Random

randomposts