Mitos dan Fakta Garis Putih di Kuku

Ada yang tahu tentang mitos garis putih di kuku? Atau ada yang belum pernah kukunya terdapat garis putih? Wah, kalau ada yang jawab “tidak”, dia adalah salah satu manusia yang patut di teliti, karena hampir seluruh orang pasti pernah menemukan garis putih di kuku. Lebih tepatnya di kuku bagian tangan karena hampir tidak ada garis putih di kuku kaki.


Sudah seminggu ini, setelah hampir satu tahun, akhirnya aku menemukan sebuah garis putih di jari manis tangan kanan dan tiga hari setelah itu timbul bintik putih di kelingkin kiri. Sudah satu minggu garis dan bintik putihnya tidak hilang juga. Kalau waktu kecil pasti senang kegirangan ketika mendapati garis putih di kuku, karena menurut mitos kalau ada garis putih di kuku tandanya ada yang suka, waktu itu bahkan ketiga jariku ada garis putihnya. Itu senengnya pake banget dah, barangkali yang lagi suka sama aku tuh gebetan aku sendiri. Yeyyy…. Itu si ngarep.
Namun, usut punya usut berdasarkan berita yang beredar di internet ternyata garis putih di kuku itu menandakan adanya sebuah penyakit pada diri kita. Eh, masa? Itulah pertanyaanku waktu itu. Setelah aku beranjak dewasa baru mengetahui tentang mitos lain dari adanya garis putih di kuku. Lah ko bilang mitos? Yupzz… bagiku sendiri itu mitos karena toh setiap kali ada tanda-tanda garis putih bersemayam di kukuku kesehatanku baik-baik saja.
Lalu, dari blog Bidanku, garis putih di kuku memang bisa datang dari penyakit namun itupun apabila kapasitas kemunculan garis putih itu sendiri banyak, misal nih ya 5 jari kita ada garis putihnya dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan penyebab lain timbulnya garis putih di kuku yaitu karena adanya luka pada kuku bagian dalam misal karena benturan atau hal lainnya, bisa juga karena alergi dari pengobatan jika memang sedang menjalani pengobatan, pertumbuhan kuku yang tergolong lambat inilah yang menyebabkan luka pada kuku lalu muncul bintik atau garis putih. Selain itu kurangnya calcium juga mempengaruhi loh.
Nah, gak takut kn kalau ada bintik atau garis putih di kuku? Tak perlu paranoid duluan juga karen tidak selamanya bintik atau garis putih di kuku disebabkan karena penyakit. Leukonychia atau garis putih di kuku ada jenisnya loh, intip yuk :
1.    Leukonychia Totalis
Dimana bintik putih ini muncul di seluruh bagian kuku, penyebabnya bisa karena penyakit tertentu, oleh karenanya apabila mengalami kondisi seperti itu lebih baik segera diperiksakan ke dokter.

2.    Leukonychia Punctata
Kalau yang jenis ini, bintik atau garis putih pada kuku yang sering di alami manusia dan bukan karena pengaruh penyakit.
3.    Leukonychia Striata
Bintik atau garis putih di kuku akan dijumpai di pangkal kuku.
Ada yang pernah ngalamin? Kalau aku pernah.
Karena luka di kuku tidak nampak seperti luka pada umumnya, walau kuku terlihat cantik dan bagus tetap harus menjaganya loh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik bagi kesehatan kuku. Misal nih sering makan buah-buahan. Dan menurutku tidak masalah si masih beranggapan bahwa garis putih di kuku menandakan ada yang suka. Yah, buat hiburan hati sejenak mungkin akan berdampak baik, hidup mah nikmatin ajah.
Terlepas dari adanya mitos dan fakta di atas, entah kenapa aku selalu menantikan kehadiran garis putih di kuku. Ada rasa rindu-rindu gimana gitu. Sama kaya rindu aku ke kamu, eh. Kalau kalian bagaimana?

____________ 
sumber : http://bidanku.com/mengenal-bintik-putih-pada-kuku-apakah-berbahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts