Bye! Bye! Gerahamku - Pengalaman Pertama Cabut Gigi



Aku mau berbagi pengalaman pertama cabut gigi. Ya. Pengalaman pertama seumur hidupku. Kronologinya seperti ini, geraham sebelah kiri sebenarnya sudah lama bolong tapi gak pernah berani ke dokter gigi buat nyabutnya, ditambah berita simpang siur kalo cabut gigi dan mengenai saraf bisa menyebabkan kematian. Bikin merinding tentunya, padahal dokter juga paham betul keselamatan pasennya. Dan si Emak juga yang ngelarang keras cabut gigi, malah ngasih obat tradisional. Waktu itu gigi yang bolong dikasih getah Hamberang, yang orang kuningan pasti tahu sama tumbuhan yang namanya hamberang.

Ini bukan mitos, getah Hamberang ini berfungsi merontokan gigi. Betul saja, walau memerlukan waktu yang lama si geraham bolong yang dikasih getah tersebut sedikit demi sedikit rontok.  Sayangnya minggu kemaren sisa graham yang mau lepas malah nempel kuat di gusinya. Alhasil menderita kesakitan, lalu periksa deh ke dokter saking gak kuatnya. 

Ini adalah pengalaman pertama, di ruang pendptaran udah keringet dingin. Semua benda-benda seperti bor, gegep, berkeliaran di kepala ku. Kata orang kalau cabut gigi pakai alat yang tertangkap oleh otakku adalah pekakas yang sering dipakai para pengrajin kayu. 
Akhirnya giliran masuk, karena gemeteran nggak ilang-ilang cerita dulu sama dokternya, sekaligus nanyain biaya cabut gigi, pasang gigi dan lainnya. Sayangnya si dokter ga sabaran, langsung aja nyuruh tiduran. 

Ketika jarum suntik yang lumayan besar menerobos mulutku langsung tutup mata nggk berani lihat, nggk berani lihat. Eh, ternyata gak sakit loh waktu dikasih obat bius. Lancar. Alhamdulillah, waktu giginya dicabut juga gak sakit. Yeyyy.... gigiku dicabut. Seneng banget nggk bakalan menderita karena sakit gigi. Tapi eh, ko pas mau ke bagian administrasi lemesya, ko sakit, ko rasanya bibir jadi bengkak. 

Aihhh.... akhirnya aku tersadar dari mimpi indahku. Bahwa semuanya belum indah pada waktunya, eh apaan lagi. Ya, rasa sakitnya muncul setelah cabut gigi. Musnahlah harapanku bahwa setelah dicabut hidupku bebas. Bebas dari nyut-nyutan.

Sudah 3 hari berlalu setelah cabut gigi masih bengkak dan sakit. Jujur saja itu sangat menyiksa karena selama ini makannya bubur dan bubur. Tubuh yang kering kerempeng ini semkin tak berisi tinggal tulang belulang. Haha.. lebay banget. Walau begitu dari semua rasa sakit, aku bahagia karena sudah tidak ada lagi gigi bolong. 

Inia da beberapa pantangan setelah cabut gigi :
ü  Dilarang makan dan minum yang panas atau anget, dianjurkan yang dingin-dingin untuk mempercepat pembekuan darah.
ü  Dilarang makan yang pedes-pedes.
ü  Dilarang sikat gigi selama 24 jam setelah gigi dicabut.
ü  Dilarang kumur-kumur dan meludah yang akan mengakibatkan darahnya keluar. Jadi harus ditelen, tidak apalah jadi Vampire demi kesembuhan.

Sebagai penutup berikut biaya buat pemeliharaan gigi hasil ngorek informasi dari dokternya. Kata dokter si “Biaya di Puskesmas dan Rumah Sakit tidak beda jauh.”
Cabut gigi : ± Rp. 200.000
Tambal gigi bolong : ± Rp. 150.000-500.000
Bersihin karang gigi : dari ±Rp. 150.000
Mutihin Gigi : ± Rp. 3.000.000
Pasang gigi baru seperti gigi asli: ±Rp. 3.000.000 

Sebenarnya masih ada beberapa jenis lainnya untuk perawatan gigi. Akan saya bahas dikesempatan berikutnya.

Mari jaga gigi kita dari sekarang, jangan hanya wajah yang dirawat gigi juga perlu loh.


15 komentar:

  1. Huahahaha.. aku malah sampe sekarang nggak pernah berani ke dokter gigi. Seringnya asal cabut sendiri XDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga pernah cabut sendiri mba. Waktu kecil. Hehe.. tapi yang sekarang nggk bisa dicabut pake tangan kosong. 😖

      Hapus
  2. Tahun lalu gue juga cabut gigi, emang g sakit dan gue seneng, eh nyatanya kesakitannya itu pas biusnya abis.. Rasanya, lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... aku juga berfikir gitu mba. Lebih baik sakit hati deh daripada sakit gigi. Ga enak ngapa2in.

      Hapus
  3. Aku pernaahhhh cabut gigi berlubang. Gratis sih pake BPJS. Tapi ngeri uy, kayak dibor gitu T___T
    Salam kenal. Saya follow ya blognya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba kalo pakai BPJS gratis, kalo ke RS harus pake rujukan baru bisa dipake BPJS nya. Sedihnya manager ku salah daftarin faskesnya jadi ya gitu mba nggk bisa digunain.
      Makasih mba.

      Hapus
  4. wuaaa...dokter gigi mang agak horror kak.... dulu saya dicabut pas dokternya lagi hamil, kagak lepas-lepas loh, padahal dah diuwet-uwet... akhirnya di suru rontgen dulu... ternyata akar gigi saya ada 3........... dan akhirnya kami berpisah satu sama lain *dokterdangigi* huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkkw.... ya ampyunn nasib mu malang sekali.
      Untung gak ketemu dokter gigi yang lagi hamil.

      Hapus
  5. Wahhh bener g sakit ya?berapa lama proses cbut giginy ..?
    Saya pngen cbut gigi juga tp masih g berani dteng ke dokter gigi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebentar ko Ka.Gak sakit juga. Setelah dicabut jadi nyaman. :D

      Hapus
  6. Setelah baca artikel ini saya jadi pingin kembali ke dalam kandungan, biar kayak Ctrl-Z ... T_T

    Makasih udah mau berbagi...

    BalasHapus
  7. Setelah baca artikel ini saya jadi pingin kembali ke dalam kandungan, biar kayak Ctrl-Z ... T_T

    Makasih udah mau berbagi...

    BalasHapus
  8. duh pas di cabut bneran gk sakit???.. abs di cabut bneran jd sakit? lama gk sakitnya? dud ak lg sakit gigi nih. rencana mq di canut minggu dpan . bsok mw ke dr gigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah habis dicabutnya emang sakit v cuma satu hari.

      Hapus
  9. kemaren senen tgl 15 saya habis cabut gigi geraham atas sebelah kiri... alhamdulillah pas di cabut mah gak sakit sampai sekarang jga gak sakit,, tpi sempat ada pendarahan pas malah sesudah cabut gigi sampai syok n nangis2,, emng dasarnya takut darah,, sampai balik ke dokternya lagi,, tpi karna dah mlm dan dokter gak ada,, jadi cuman di kasih kasa buat di gigit doang sama suter,, sama kompres pakai es batu akhirnya pendarahan berhenti,, dan sekarang kadang nyut2an,, perlu ke dokter lagi gak yah buat cek,,,

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts