Curug Sawer

Hallo, gimana kabar kalian?
Udah lama nih ga posting tempat - tempat keren. :D
Kali ini aku memperkenalkan sebuah air terjun yang ada di desa ku namanya adalah Curug Sawer.
Curug sawer ini berada di desa Cimara - Cibeureum, Kab. Kuningan, Jawa Barat tapi bukan kuningan Jakarta ya. Secara geografis Curug Sawer berada di perbatasan Gunung Tilu (Kuningan) dan Gunung Bongkok (Jawa Tengah). Yups, kampung halamanku memang perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah. Curug Sawer memiliki ketinggian 50m, dikelilingi dengan pohon-pohon. Untuk naik ke atas air terjunnya bisa melewati jalan setapak yang ada disampingnya.


Penduduk setempat memberi nama Curug Sawer karena airnya seperti lagi saweran nyebar kemana-mana. Berdasarkan mitos kalo kesana harus nyemplungin uang receh dan bagi yang pertama kali berkunjung kesana harus JOGED, biar selamat. Dan itu hanya mitos, waktu pertama kali kesana aku tidak joged, gile malu ka sama temen-temen, dan Alhamdulillah masih selamat ko sampe sekarang. Tapi tetep harus hati-hati air terjun itu ada di tengah-tengah hutan, harus jaga sikap dan ucapan karena bagi alam kita hanya sekedar tamu. 

Pasti penasaran kan berapa lama waktu yang ditempuh untuk sampai di curug sawer? Hmm.... lumayan loh menguras kaki. hihi. Dari Desa Cimara harus ke kampung Purwasari dulu, kampung paling ujung dan mentok, kesananya sawah dan hutan. Nah, dari purwasari baru deh jalan kaki, ga bisa bawa kendaraan tentunya, namanya juga naik gunung.

mendaki gunung, 
lewati lembah, 
sungai mengalir indah ke samudra,
bersama teman berpetualang

Nyanyi dulu, anggap saja Ninja Hatori. Next, berhubung harus melintasi jalur sungai, lebih tepatnya susur sungai, sebaiknya kesana pada musim kemarau biar ga kejebak ombak (di laut kali). Sekitar 2 jam lebih untuk sampai di Air Terjun. Jangan lupa bawa persediaan banyak ya karena tidak ada warung disana, sambil bakar ayam enak tuh, air yang dingin, udara yang sejuk bikin hati adem tenan. Lupa nih ada yang kelewat, kalo berencana maen kesana mendingan sambil camp atau homestay dirumah penduduk karena kalian bisa main juga ke Gua Karangkancana, info selengkapnya cek disini : Gua Karangkancana

Selamat berpetualang. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts