HIDUPLAH SEPERTI LEBAH

Allah memberikan kesempurnaan kepada manusia yaitu berupa akal dan pikiran. Dimana dengan kesempurnaan itu manusia menjadi lebih baik dari makhluk lainnya, bukan berarti dengan kesemprnaan itu manusia harus angkuh dan sombong, merasa paling benar dan sempurna, karena semua itu hanyalah milik Allah semata. 

Akal dan pikiran itu digunakan agar manusia terus mengkaji dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari – hari, bukan untuk mencari kebahagiaan duniawi, tetapi juga untuk mencari kebahagiaan akherat. Sesungguhnya kehidupan yang kekal itu tempatnya di akherat nanti. Dunia hanyalah tempat berpijak sementara untuk mencari bekal di kehidupan yang sesungguhnya nanti. 

Manusia yang memiliki derajat lebih tinggi dari makhluk lainnya, bukan berarti tidak bisa bercermin dari makhluk lainnya baik itu benda mati maupun benda hidup. Seperti Firman Allah dalam Q.S An-nahl ; 66 

“Dan sesungguhnya,pada hewan ternak itu terdapat benar – benar pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu sapi antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya.” 

Jelas pada ayat diatas, bahwa Allah tak melarang kita untuk belajar dari makhluk hidup lainnya, dan bahwa sesungguhnya dimata Tuhan semua makhluk sama. Allah menciptakan ciptaannya tak lepas dari hubungan/ikatan yang akan terjalinnya sebuah siklus kehidupan yang saling menguntungkan satu sama lainnya atau yang sering disebut dengan simbiosis mutualisme. Dimana baik manusia, tumbuhan, hewan, matahari, dan semua isi bumi lainnya saling ketergantungan dan saling membutuhkan. Oleh sebab itu ta ada yang perlu manusia sombongkan dari makhluk lainnya. 

Kebanyakan manusia menyepelekan hal – hal kecil karena bagi mereka hal besar lebih penting dan bernilai. Sesungguhnya itu tidaklah benar, dari hal kecilpun terdapat suatu nilai yang berharga misalnya seekor “Lebah”. Pernahkah terlintas dalam pikirsan kita untuk mengamati dan belajar dari seekor lebah? Tahukah kalian? Lebah memiliki beberapa kelebihan luar biasa yang hewan lainnya ta miliki, dan dari beberapa kelebihan itu sangat bagus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari manusia.

Pertama, lebah selalu hidup berkelompok. Pernahkah kalian melihat atau mendengar sekelompok lebah saling berebut kekuasaan? Berbeda dengan manusia, saat emosinya sudah ta terkendali perkelahian menjadi jalan satu – satunya menyelesaikan masalah. Kita ta bisa memungkiri begitu banyaknya perpecahan yang terjadi di muka bumi ini hanya karenba sebuah ke egoisan yang ta terkendalikan, padahal manusia yang lebih diberi keistimewaan oleh Allah dengan akal dan pikirannya itu. Salah satu ilmuan yaitu Aristoteles dalam teorinya berpendapat bahwa manusia adalah makhluk sosial. Memang benar, manusia tidak bisa berdiri sendiri, selalu membutuhkan satu dengan yang lainnya. Hidup berkelompok, saling membantu, kerjasama, gotong royong, bukankah itu lebih baik dibandingkan dengan mementingkan ego yang hanya membuat keadaan semakin ta menentu.

Kedua, lebah tidak akan mengganggu jika tidak diganggu. Cobalah kalian duduk dibawah sarang lebah, apakah mereka akan mengganggu? Tidak ! jika kita yang tidak memulai duluan mengganggunya. Setiap manusia, pasti tidak akan nyaman jika ada orang lain yang mengganggu, bahkan rasanya menjengkelkan bukan saat tiba – tiba ada orang yang mengganggu dan menghambat aktifitas yang sedang dilakukan. Oleh sebab itu, janganlah mengganggu orang lain jika kitapun tidak mau diganggu. 

Ketiga, lebah hidup ditempat yang bersih. Seperti halnya manusia, lingkungan yang kotor, memang tidak menyenangkan dan sangat mengganggu, terlebih akibat yang ditimbulkannya dapat menyebabkan banyak masalah. Lihatlah lebah yang selalu hidup ditempat yang bersih, mereka ta pernah terserang penyakit ataupun virus yang menyerang kebanyakan hewan lainnya. Tertulis jelas dalam sebuah hadits bahwa “Kebersihan itu sebagian dari iman” 

Keempat, lebah menghasilkan madu dari sari bunga yang dihisapnya.Allah SWT berfirman dalam Q.S An-Nahl : 69, yang artinya : “kemudian makanlah dari segala (macam) buah – buahan, lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan.”dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam warnanya, di dalamnya terdapat obatyang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar – benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berfikir. 

Jelas, manfaat madu yang luar biasa berguna bagi manusia jelas tertulis dalam firman Allah SWT. Rasa madu yang begitu manis tercipta dari lebah itu sendiri yang hidup ditempat bersih. Pahamilah kata “Menyembuhkan” diatas, Allah tak menuliskan salah satu penyakit apapun, dengan kata lain bahwa madu bisa menyembuhkan segala jenis penyakit. Kitapun sebagi manusia harusnya selalu dapat bermanfaat bagi makhluk lainnya. 

 Dari seekor Lebah yang kecil dan banyak ditakuti manusia ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia. Sebuah pelajaran yang sangat berharga dan berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Janganlah merasa segan untuk mengambil pelajaran yang baik sekalipun itu dari seekor hewan maupun makhluk lainnya. Tuhan memberikan manusia akal dan pikiran agar mereka bisa belajar dari semua ciptaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent

recentposts

Random

randomposts