KURA - KURA BELAWA (Cirebon)


Dipikiran Gw sebelum sampai ke tempat tujuan, bahwa kura – kura Belawa sama seperti Kura – Kura kebanyakan yang memiliki tempurung yang indah. Namun, setelah melihat langsung harapan Gw musnah, jauh sekali dari bayangan yang diharapkan. Bentuk Kura – Kura belawa sama seperti penyu, walaupun memiliki perbedaan yang jelas yaitu dari punggungnya yang belah dua dan memiliki Tulang Iga.  Kura – Kura Belawa ini termasuk Kura – Kura Langka karena hanya ada di Belawa. Berdasarkan cerita rakyat bahwa kura – klura belawa ini berasal dari potongan Al-Qur’an. Dulu ada seorang pemuda yang berwajah sebelah putih dan sebelah hitam. Diapun pergi ke pesantren yang berada di Belawa, namun setelah lama berguru wajahnya tak juga berubah. Diapun marah dan membakar Al-Qur’an. Potongan – potongan Al-Qur’an itu menjadi seekor Kura –Kura.
Dulu sebelum tahun 2009 Kura – Kura ini belum dikelola sehingga terjadi kepunahan besar – besaran karena virus yang ditimbulkan dari kotoran manusia dan penggunaan peptisida (pupuk organic) yang digunakan untuk penyemprotan pohojn mangga. Sekitar 300 ekor Kura – Kura punah, tapi ada beberapa yang dimusiumkan. Setelah kejadian itu, PEMDA pun mengelola Kura – Kura sebagai Penangkaran dan Objek Wisata. Reproduksi Kura – Kura setiap sebulan sekali dan dipenangkaran sekarang terdapat sekitar 100 butir telur Kura – Kura. Waktu tetasnyapun tidak seperti Kura – Kura pada umumnya. Kura – Kura belawa membutuhkan waktu 100 hari untuk menetas. Telur – telur yang berada dipenagkaran harus dijaga suhunya, telur – telur itu tidak boleh kering dan tidak boleh terlalu basah sehingga setiap 2 hari sekali telur – telur itu disirami.Kura – Kura merupakan salah satu hewan yang bisa hidup ratusan tahun, ada satu Kura – Kura Belawa yang sudah berumur 20 tahun.


Gambar Kura - Kura yang di awetkan

Gambar Kura - Kura yang berumur 25 Tahun


Gambar Telur di penangkaran

Gambar Kura - Kura yang berumur 4 bulan di penangkaran

Kura - Kura Belawa ini adalah salah satu Kura - Kura langka yang ada di Dunia, karena hanya ada di Indonesia saja dan satu - satunya Kura - Kura yang memiliki tulang iga seperti manusia. 


2 komentar:

  1. Om kalo boleh saya minta izin minta foto2 kura belawa nya.. terimakasih sebelumnya...

    BalasHapus

Recent

recentposts

Random

randomposts